Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) beserta Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) beserta Fungsi dan Jenisnya - Manusia adalah makhluk sosial. Secara naluriah, makhluk sosial membutuhkan komunikasi dengan sesama. tidak ada manusia yg bisa hidup tanpa adanya komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk komunikasi pun ikut berubah. Apabila pada awalnya komunikasi terbatas di lingkungan sendiri, sekarang ini jangkauan komunikasi semakin meluas. Hal ini membuka kemungkinan manusia mendapatkan sumber informasi baru dan memperluas lingkup interaksi serta diskusi.
jenis komunikasi dalam jaringan kelas maya simulasi digital komunikasi dalam jaringan (daring/online) tujuan komunikasi dalam jaringan fungsi komunikasi dalam jaringan contoh komunikasi dalam jaringan manfaat komunikasi dalam jaringan

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Sesudah mendalami pengertian dari komunikasi, sampailah kita pada Komunikasi Daring. Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, posting, dan berkomunikasi dengan menggunakan jaringan komputer.

Dgn kata lain, Komunikasi Daring merupakan cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia maya tersebut umumnya dinamakan dengan komunikasi didunia maya atau cyberspace.

Komunikasi daring atau komunikasi virtual merupakan cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet. Komunikasi virtual pada abad ini bisa dilakukan dimana saja serta kapan saja. Salah satu wujud komunikasi virtual adalah pada pemakaian Internet. Internet merupakan alat komunikasi yg cukup efektif serta efisien dgn tersedianya berbagai layanan sarana seperti situs, chatting (MIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, Fb dab twitter.

Begitu banyak media yang ditawarkan dalam dunia maya utk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakain membuat manusia tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut akan di lihat pada maraknya penjualan handphone dgn harga murah & penawaran kelengkapan sarana untuk mengakses Internet.

Kelebihan dan Kekuranga Komunikasi dalam Jaringan (Daring/Online)

1. Kelebihan komunikasi daring adalah bisa dilakukan kapan saja di mana saja : dgn komunikasi daring, kalian bisa melakukan komunikasi dimana saja & kapan saja, dengan syarat harus terkoneksi dgn jaringan internet dan mempunyai fasilitas yg mencukupi. baca sejarah singkat internet

2. Kelebihan komunikasi daring bisa menghemat biaya : berbeda dgn komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak biaya untuk bertemu langsung dengan lawan bicara, dan tentu ini membuat komunikasi daring dapat menghemat biaya transportasi.

3. Dapat Menghemat Waktu : komunikasi dapat dilakukan dgn cepat tanpa harus membuang waktu dgn melakukan perjalanan. Pesan komunikasi bisa diungkapkan pada saat itu pula dalam hitungan detik meskipun kedua pihak yg berkomunikasi saling berjauhan.

4. Terintegrasi dgn pelayanan TIK lainnya : sambil melakukan komunikasi daring, kalian dapat menggunakan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yg bisa digunakan seperti berbagi layar, presentasi dan dokumen.

5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi : komunikasi daring mendorong orang yg rata rata diam didunia nyata, jadi aktif disaat berkomunikasi di dunia maya.

6. Meningkatkan partisipasi : dgn terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yg bisa berpartisipasi dalam diskusi.

Kekurangan atau Kelemahan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring/Online)

1. Tidak bisa mewakili emosi pengguna : intonasi berbicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yg relatif susah utk dipahami melalui komunikasi daring.

2. Memerlukan perangkat khusus : dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya perangkat keras komputer, dan perangkat lunak.

3. Terlampaui banyak berita yg tidak penting : dalam komunikasi daring, lebih sering infromasi yg didapat jadi terlalu banyak, ini akan membuat bingung si penerima.

Jenis-Jenis Komunikasi dalam Jaringan (Daring/Online)

a. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai fasilitas, yg terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sbg berikut :
  • Text chat
Text chat adalah satu buah fitur, aplikasi, atau aprogram dalam jaringan Internet yang berfungsi untuk berkomunikasi & bersosialisasi langsung dengan pemakai Internet yg sedang daring (yg sama-sama sedang memakai Internet).

Komunikasi teks akan mengirim pesan dengan teks pada orang lain yg sedang daring, setelah itu orang yg dituju membalas pesan dengan teks, begitu seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

  • Video chat
Video chat adalah teknologi untuk melakukan interaksi audio & video dengan cara real time antara pengguna di tempat yg berbeda. Video chatting umumnya dilakukan melalui perangkat komputer ataupun tablet atau smartphone (juga dinamakan telepon video call). Video chatting bisa berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime & Skype, atau hubungan multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.
Videochatting sering disalahartikan dengan video conference. Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).

Baca Juga : Pengertian TIK

b. Komunikasi daring asinkron (tidak serempak)
Komunikasi daring tidak serempak atau asinkron merupakan komunikasi menggunakan komputer & dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron yaitu e-mail, forum, rekaman simulasi visual, juga membaca & posting dokumen daring melalui World Wide Situs.

Kesimpulan

Komunikasi daring adalah proses penyampaian pikiran atau ide dari satu orang ke orang lain yg dilakukan lewat dunia maya.
Jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya menjadi ; Komunikasi sinkron, seandainya komunikasi terjadi dalam saat serempak dan  Komunikasi asinkron, seandainya komunikasi terjadi secara tunda.
Sekian dari saya mengenai pengertian komunikasi dalam jaringan atau daring, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »