Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah Kata

Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah Kata - Perangkat lunak pengolah kata adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat tulisan di komputer, berbagai macam bentuk tulisan atau dokumen dibuat dengan menggunakan program pengolahan kata antara lain ,surat, laporan, buku, buletin, poster, brosur, majalah dan lain sebagainya.

Meskipun digunakan untuk mengolah teks, perangkat pengolah kata pada umumnya dilengkapi dengan kemampuan untuk menyertakan gambar grafik tabel yang ada di dokumen. Hal ini karena seringkali dokumen yang dibuat harus disertai dengan objek objek tersebut.

Macam-macam perangkat lunak pengolah kata

Ada banyak sekali perangkat lunak pengolah kata yang digunakan secara luas saat ini. masing-masing aplikasi pengolah kata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dilihat dari sisi fasilitas yang ada maupun untuk membuka file dengan yang lain, kemudian penggunaannya, harga yang ditawarkannya. berapa pengolahan kata yang digunakan secara luas oleh masyarakat adalah Lotus World Pro, Wordperfect, StarOffice Writer, OpenOffice Writer dan terakhir Microsoft Word.

1. Microsoft Word

Merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft Microsoft dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran lainnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Access dan Microsoft PowerPoint.  Jika kita menginstal Microsoft Office apakah secara otomatis kita akan mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Microsoft word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang sangat bagus dalam membuat berbagai jenis dokumen mulai dari buku, buku memo, surat, berbagai jenis dokumen-dokumen dan lainnya.

Selain itu Microsoft Word dapat digunakan dengan cara mudah dengan kata lain "user friendly"  Karena Microsoft Word dilengkapi dengan tampilan berupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu menu yang membuat kita bekerja dengan sangat mudah.

pengertian pengolah kata  contoh pengolah kata  fungsi program pengolah kata  contoh program pengolah kata  macam-macam perangkat lunak pengolah kata  fungsi pengolah kata  pengolah kata microsoft word  software pengolah kata

Kelebihan lain dari Microsoft Word adalah kemampuannya untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain atau file-file dari aplikasi lain seperti Excel Powerpoint, Corel Draw, Corel Photo Paint, Photoshop dan sebagainya.

Akan tetapi dari kelebihan-kelebihan tersebut Microsoft Word ternyata mempunyai kekurangan. kekurangannya adalah harganya yang relatif mahal jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenisnya. harga yang mahal membuat para pengguna mencari alternatif aplikasi pengolah kata yang lebih murah atau yang bersifat open source alias gratis.

2. Lotus word Pro

Lotus word Pro dan Lotus word Pro ini merupakan aplikasi untuk pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM, aplikasi ini dikeluarkan berbarengan dengan aplikasi office lainnya yang dikenal dengan nama Lotus smartsuite.

Aplikasi yang termasuk dalam paket Lotus smartsuite adalah Lotus word Pro Lotus 123 Lotus freelance graphic Lotus approach Lotus organizer Smartcentre Lotus Smart Suite adalah aplikasi yang dapat dijalankan di sistem operasi windows.

Kelebihan yang dimiliki oleh Lotus word Pro adalah kemampuannya untuk mempertukarkan file file dokumen dengan Microsoft Word. Ini menunjukkan bahwa file dokumen yang dibuat Lotus Word dapat dibuka dan diedit dengan menggunakan Lotus word Pro dan  demikian juga sebaliknya, Lotus word Pro juga dapat membuka file file Microsoft Word aplikasi pengolahan kata lainnya.

aplikasi pengolah kata

Selain kelebihan di atas Lotus Word Pro dilengkapi dengan fitur-fitur yang update. Dengan fitur ini para pengguna dapat meningkatkan produktivitas penggunaannya. Lotus word Pro memungkinkan kita untuk mendiktekan secara langsung teks-teks yang ingin diketik.

Word Pro juga dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang membantu pengguna untuk menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect. Lotus word Pro juga dilengkapi dengan sebuah fasilitas yang berhubungan dengan internet di mana para pengguna dapat langsung mengirimkan email dari jendela Lotus word Pro. baca juga cara buat akun gmail

Selain itu juga Lotus juga dilengkapi dengan sebuah kemampuan untuk membuat file html, yaitu file yang digunakan untuk membuat halaman halaman website.

2. Corel WordPerfect

Selanjutnya aplikasi pengolahan kata adalah wordperfect yang mana aplikasi ini merupakan program yang dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Windows. baca juga pengertian sistem operasi.

Wordperfect versi terakhir adalah perfect office X3 yang bisa dijalankan di sistem operasi windows XP Windows 2008 Windows 98 yang sudah di update namun Corel wordperfect ini mempunyai kekurangan yang mana perfect office X3 membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu processor Pentium 3 atau sederajat dengan memori 128 MB

Dari segi penggunaannya, penggunaan yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word tidak akan mengalami kesulitan saat menggunakan word perfect office X3. Karena pengguna dapat mengatur sebuah tampilan yang dia inginkan jika kita ingin belajar tentang office X3 maka kita akan memperoleh bantuan secara online.

macam-macam aplikasi pengolah kata

WordPerfect office X3 dengan kemampuan untuk membaca file file yang dikerjakan di aplikasi Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint. jadi kesimpulannya jika kita menggunakan Wordperfect sedangkan  teman kita menggunakan Microsoft Word kita masih dapat bekerja sama dan saling mempertukarkan File hasil pekerjaan kita kelebihan lain yang dimiliki oleh adalah dari harga yang ditawarkan harga dari X3 dibanderol dengan setengah harga dari Microsoft Word.

3. StarOffice Writter

Staroffice writer merupakan sebuah perangkat lunak mengolah kata yang bersifat multiplatform, artinya aplikasi ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi baik itu Linux Windows unix Solaris dan lain-lain. baca juga jenis-jenis sistem operasi. Apapun sistem operasinya kita dapat menggunakan staroffice writer

Office writer juga dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan para pengguna membuka file file dokumen yang dibuat di aplikasi pengolah kata yang lain. StarOffice dapat mengonversi file dokumen dari Microsoft Word dan wordperfect, melakukan perubahan dan bila diperlukan dapat mengonversi kembali dokumen Microsoft Word.

Hal ini tentu akan memudahkan kita jika mendapatkan dari orang lain file Microsoft Word dari orang lain, kita masih dapat membuka dan  mengeditnya di StarOffice writer.

Kelebihan dari staroffice writer adalah punya banyak contoh memo surat resume faksimili dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dengan cara memanfaatkan contoh-contoh tersebut harga yang murah dan memudahkan pengguna dengan tampilan dan fitur-fitur yang ada di jendela yang sudah staroffice writer yang sudah biasa tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan staroffice writer

Open Office writer sebuah aplikasi pengolah kata yang dapat di download di www.openoffice.org aplikasi yang bersifat open source dan menggunakannya secara gratis alias free gratis meskipun gratis tapi aplikasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata aplikasi kelebihan dari aplikasi aplikasi Open Office writer itu dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi seperti Mac OS Windows Solaris dan Linux

Open Officewriter lupakan sebuah aplikasi yang dilengkapi oleh semua fitur yang kita harapkan dari sebuah aplikasi pengolah kata, dengan aplikasi ini dengan cara yang cepat dan cukup handal digunakan untuk membuat dokumen-dokumen yang besar seperti buku yang dilengkapi dengan daftar isi, teks, puisi, diagram index dan lain-lain.
Previous
Next Post »