Cara merakit komputer .


Senjata yang disediakan untuk merakit komputer .
  • Obeng PLUS (+)
  • Obeng MINUS (-)
  • Multimeter-Multitester
  • Pinset

Image result for alat untuk merakit komputer


  • Pemasangan Motherboard
Ambil motherboard dan aturlah posisi konektor "jumper" sesuai dengan yang tertulis dalam manual dari pabriknya . Cabutlah konektor plastik "jumper" penghubung antar pin yang ada pada motherboard pindahkan pada posisi lain yang menghubungkan sebuah kaki pin dengan kaki pin lainnya sesuai dengan anjuran yang tertulis dalam buku manual motherboard .

 Biasanya pabrik menyebutkan posisi jumper tertentu sesuai dengan jenis proccesor yang dipergunakan . perhatikan baik-baik agar anda bisa mencapai hasil yang baik . Aturla konektor "jumper" sesuai dengan kebutuhan kita dengan mengikuti buku manual dari pabrik .

Image result for pemasangan jumper pada motherboard


  • Pemasangan proccesor
Pasanglah proccesor pada tempat (socket-nya) perhatikan tanda pada proccesor harus ditempatkan sesuai dengan tanda yang ada pada socket tersebut (jangan terbalik) . Kuncilah tangkai pengunci yang biasa nya terdapat disisi socket proccesor .

Bacalah dengan baik manual proccesor dari pabriknya apabila anda kurang hati hati atau terbalik memasang proccesor ini bisa berakibat fatal . Kemudian pasanglah kipas pendingin (CPU Fan) diatasnya .

Image result for pemasangan processor

  • Pemasangan Memori
Pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik , perhatikan sudut memori yang biasanya berlekuk harus ditempatkan pada tempatnya secara hati hati . Apabila anda terbalik memasangnya , maka memori akan sulit dimasuk kan . Pada jenis memori SDRAM/DDRAM dudukan memori di motherboard memiliki pengunci yang akan bergerak bersamaan dengan masuknya memori kedalamnya .

Image result for pemasangan ram

  • Pemasangan Motherboard pada casing
Masukan motheboard kedalam casing (kotak komputer) , kaitkanlah pengait plastik yang biasa disediakan oleh pabrik casing ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard . Pada sudut yang kemungkinan anda tempatkan baut , baut kan lah motherboard tersebuat kepada casing untuk menghindarkan terjadinya pergeseran motherboard pada waktu anda memindah-memindahkan CPU nantinya .

Pasanglah kabel khusus catu daya motherboard  yang ada pada power supply (biasanya dituliskan P8&P9) kabel bewarna hitam dari kedua konektornya harus dipasang berdampingan . apabila anda mempergunakan motherboard jenis ATX , pasanglah kabel power khusus tersebut pada slot power khusus ATX yang terdapat pada motherboard tsb.

    Image result for pemasangan MOTHERbOARD PADA CASING


  • Pemasangan Hardisk dan CD-ROM
Pasanglah hardisk pada tempat yang telah disediakan dalam casing CPU , kencangkan dudukannya dengan baut secara hati-hati  . Begitu pula memasang CD-ROM .

Sambungkan kabel dari power supply ke slot power yang terdapat di harddisk dan CD-ROM  . Perhatikan sudut konektor plastiknya pada kabel tersebut  biasannya sudah dirancang pas sesuai dengan dudukan yang terdapat pada harddisk atau CD-ROM drive . Bila anda memasang konektor ini terbalik , maka pada saat memasukan konektor tersebut akan terasa sedikit sulit , segera lah cabut konektor nya dan masukan kembali pada posisi yang tepat .

Sambungkan kabel pita (kabel data) pada dudukan hardisk dan CD-ROM drive . Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard . Perhatikan kabel berwarna merah harus ditempatkan pada kaki nomor satu  (lihat keterangan yang dituliskan dan CD-ROM drive) . Bila terbalik memasangnya komputer tidak akan bekerja baik dan dapat merusak peralatan-peralatan tersebut . 

Sambungkan kabel dari hardisk ke SLOT IDE/SATA nomor 1 , dan kabel dari CD-ROM drive ke slot IDE nomor 2 . Perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nmor satu pada setiap slot . Anda bisa melihat keterangan yang tertulis di motherboard .

  • Pemasangan VGA card
Pasanglah VGA card pada slot nya , bila anda memiliki card jenis ISA , anda harus menempatkan card tersebut pada ISA slot bus di motherboard  . bila anda memiliki card VGA jenis PCI anda harus menempatkan card tersebut pada slot PCI di motherboard

Image result for pemasangan vga card

  • Masuk ke setting BIOS
Previous
Next Post »