Pengertian dan Fungsi Speaker

PENGERTIAN SPEAKER Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya .

                                       Image result for speaker pc
FUNGSI SPEAKER Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.
Dalam kumparan tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.


 Bagi kita yang senang dan hobi bermain musik maupun game yang banyak mengeluarkan suara pilihan speaker menjadi sangat penting . Pada waktu pertama PC ini ada , keluaran suara yangdihasilkan sangat kecil , karena menggunakan speaker yang kecil dan belum dituunjang oleh multimedia . Dengan berjalannya waktu maka pada era 90an mulai ada SOUNDCARD yang Dikeluarkan oleh creative dengan soundblasternya membuat dunia multimedia semakin marak .
Pengertian dan Fungsi Speaker
 Perkembangannya saat ini semaking canggih , dimana soundcard yang dilengkapi dengan sub-woofer menjadikan kualitas suara yang sangat bagus dan menarik .

Previous
Next Post »