Pengertian dan Struktur hardisk

 Hard Disk/Hard Drive adalah media untuk penyimpanan data dan sebagai sistem untuk menjalankan semua program yang ada pada komputer . Jenisnya sangat banyak dari bermacam-macam perusahaan hardisk/harddrive .

  Hardisk memiliki keterbatasan waktu pakai , tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut . Jika dinyalakan nonstop 24jam , Maka usia hardisk tersebut tidak lebih dari 2tahun atau ekuivalen 6000-7000 jam saja .

  Untuk itu perlu dilakukan pergantian antar waktu , dan jangan lupa memback-up data yang sudah tersimpan . Hardisk tidak bisa diperbaiki oleh sembarang orang ,hanya pabrik yang mengeluarkan produk tersebut yang dapat memperbaikinya . Itupun terbatas pada mekanik , sedang kerusakan yang diakibatkan oleh sektor yang rusak tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru .


  STURKTUR HARDISK pada dasarnya hardisk yang memiliki bentuk fisik yang sama , tetapi yang membedakan adalah kapasitas dan tingkat kecepatannya . ini hanya dapat dilihat dari label yang menyertainya sepintas memang tidak ada bedanya . 

Image result for struktur harddisk
  SECARA FISIK jika harddisk itu dibuka , maka yang terlihat adalah bentuk lempengan dan dua head yang berada diatas maupun pada bagian bawahnya , kedua sisi head ini akan membaca trek dan setiap track terdiri atas beberapa sector dan bagian lainnya .



Previous
Next Post »